Followers

Jumat, 19 Juni 2015

Sistem Tenaga Listrik Sumbagut - part 3

Sistem Tenaga Listrik Sumbagut - part 3

Artikel sebelum nya dijelaskan mengenai Pembangkit - Pembangkit yang terletak di Wilayah Sumut dan Aceh, Nah kali ini akan dilanjutkan mengenai GI - GI yang terletak tersebar di Wilayah Sumut dan Aceh. GI (Gardu Induk) merupakan tempat menerima dan menyalurkan energi ke pusat - pusat beban. Sebanyak 50 GI yang tersebar di seluruh Wilayah Sumut dan Aceh, di tempat ini Tegangan yang dihasilkan Pembangkit akan diturunkan melalui Trafo Step Down dari 150 kV menjadi 20 kV. 
Sistem Tenaga Listrik Sumbagut terdiri dari Unit Pembangkit yang menghasilkan energi kemudian akan disalurkan melalui sistem transmisi tegangan tinggi baik 150 kV maupun 275 kV menuju pusat  - pusat beban dengan terlebih dahulu diturunkan tegangan nya menjadi tegangan distribusi 20 kV pada GI - GI yang saling terhubung. Rangkaian ini terjalin dalam sistem interkoneksi Sumbagut dimana pengaturan nya dilakukan oleh Operator Sistem Tenaga Listrik (Dispatcher) dalam sebuah Unit Pengatur Beban (UPB). 

Selanjutnya interkoneksi ini akan terjalin dengan Sumatera bagian tengah dan selatan sehingga disebut Interkoneksi Sumatera.


Demikian dulu, wait for next article.

1 komentar:

  1. Assalammualaikum, saya mau nanyak ada gk data untuk saluran transmisi Sumut...yg mengenai panjang saluran, kapasitas pembangkit...mohon info gan, untuk skripsi saya...

    BalasHapus